CHESTER ARTHUR BURNETTE (Howlin Wolf)


1.           Siapakah Howlin Wolf ini ?
Howlin Wolf merupakan nama panggilan atau alias dari Chester Arthur Burnette , seorang penyanyi , gitaris dan pemain harmonica blues , yang lahir pada 10 Juni 1910 dan meninggal pada 10 Januari 1976 .
Ia merupakan tokoh musik blues beraliran Chicago Blues ( sama seperti Willie Dixon dan Muddy Waters )
Fakta unik mengenai Howlin Wolf adalah ia bertubuh sangat besar dan juga tinggi ( 198 cm dan 136 kg ) . Konon kabarnya , ada dua opini mengenai nama panggilan Chester . Alasan yang pertama adalah , nama howlin wolf diambil dikarenakan karakter suara Chester yang berat , menggelegar layaknya auman serigala . Alasan yang kedua adalah , nama ini diberikan oleh kakeknya , dikarenakan Chester pada masa kecilnya yang sangat badung , seringkali di tegur oleh kakeknya dengan ancaman “kalau kamu nakal , kamu akan di makan hidup2 oleh the Howlin Wolf ( serigala mitos yang ada di kampong halamannya. Missisipi )

2.            Awal Karir ?
Tahun 1930 , Howlin Wolf bertemu dengan seorang musisi blues bernama Charley Patton . Howlin belajar bermain gitar , menyanyi dan showmanship dari Charley Patton ini . Mereka akhirnya bersama – sama sering melakukan pertunjukan bersama di komunita blues kecil . Ia mempelajari salah satu trik gitar yang sering digunakan oleh Patton , yaitu memutar gitarnya ke belakang , dan berputar diantara pundaknya dan kembali ke posisi semula . Sepanjang tahun 1930 , Howlin Wolf banyak mengadakan pertunjukan blues dan bermain bersama musisi blues terkenal pada jaman itu yaitu Floyd Jones , Johnny Shines dan Honeyboy Edwards .
Pada Tahun 1950 , yang merupakan puncak ketenarannya , ketika ia melakukat rekaman pertamnya dengan Sun Studio . Di kota Chicago , salah satu studi rekaman yang terkenal Chess Recording milik Leonard Chess , sedang mencari artis rekaman beraliran Blues , dikarenakan Muddy Waters , penyanyi blues yang melakukan rekaman lagu blues pertama kali di Ches Records , dengan cepat mengalami ketenaran dan blues mulai disukai . Akhirnya Sam Phillips ( pemilik Sun Studio ) mengajukan Howlin Wolf untuk melakukan rekaman Chess Recording . Tanpa disadari ia bahkan menjadi lebih terkenal dibanding Muddy Waters , dikarenakan suaranya yang khas . Bahkan pemain harmonica dari Muddy Waters yang bernama Little Walter pun akhirnya memutuskan untuk ikut dalam band Howlin Wolf .
Sejak Howlin wolf menjadi terkenal di Chess Records , mulailah Chess Records memunculkan artis – artis blues baru di antaranya Etta James dan Willie Dixon . Bahkan Little Wlater pun akhirnya melakukan projek solo nya di Chess Records ini . Chuck Berry ( The Godfather of Blues ) juga terkenal dan melakukan rekamannya di Chess Records ini . Di sinilah awal dari menunjaknya karir Howlin Wolf sampai akhirnya ia meninggal pada tahun 1976 . ( Batu Nisan yang sekarang ada di makan Howlin Wolf merupaka persembahan dari Eric Clapton )

3.            Diskografi ?
     1959: Moanin' in the Moonlight
     1962: Howlin' Wolf Sings the Blues
     1962: Howlin' Wolf
     1964: Rockin' The Blues – Live In Germany
     1966: The Real Folk Blues
     1966: Live In Cambridge
     1966: The Super Super Blues Band
     1967: More Real Folk Blues
     1969: The Howlin' Wolf Album
     1971: Message to the Young
     1971: Going Back Home
     1971: The London Howlin' Wolf Sessions
     1972: Live and Cookin' (At Alice's Revisited)
     1973: Evil – Live at Joe's Place
     1973: The Back Door Wolf
     1974: London Revisited
     1975: Change My Way
     1990: Cadillac Daddy – Memphis Recordings 1952
     1997: His Best 

0 Response to "CHESTER ARTHUR BURNETTE (Howlin Wolf)"

Posting Komentar