Alat Musik Kuno


1.LYRA
Lyra adalah salah satu alat musik kuno yang dimainkan di daerah yunani pada masa Antikuitas musik (sekitar 0-3000 masehi). Alat musik dawai ini terbuat dari bahan kayu dengan bentuk Seperti huruf “U” dan biasanya dimainkan dengan cara di petik seperti gitar, jari-jari tangan yang bebas menahan senar yang tidak diinginkan bunyi agar tidak terpetik. Konon katanya Alat musik yunani ini sering disebut sebut sebagai pendahulu Harpa kecil/ kalau di alat musik tradisional kita biasanya disangkutkan dengan Kecapi, walaupun ada beberapa perbedaan-perbedaan tertentu. Biasanya Lyra dimainkan pada saat pembacaan cerita atau puisi.
            Kata lyra sendiri berasal dari bahasa yunani “λύρα"(Lyra) yang berarti kata “lirih”.  Di dunia Geografipun Lyra juga dikenal sebagai salah satu dari 48 rasi bintang Ptolemy dan juga satu dari 88 rasi bintang modern yang diakui oleh IAU. Lyra tidak terlalu besar, tetapi tetap mudah ditemukan karena bintang utamanya adalah Vega.

Berikut adalah penampakan dari alat musik kuno asal yunani ini:

2.AULOS

Alat musik ini juga dari jaman yunani kuno. Disebt-sebut juga sebagai alat musik woodwind klasik kuno karena dimainkan dengan cara ditiup dan tentunya terbuat dari kayu. Tetapi konon katanya ada juga yang terbuat dari tulang belulang, tetapi tetap dimainkan dengan cara ditiup. Instrument ini dimainkan pada jaman helenistik , dimana masih menggunakan metode dan prnsip2 yang sangat rumit untuk membuatnya, bayagkan saja instrument ini  teridiri dari sepasang silinder pipa dengan alang-alang sebagai pengganti mouthpieces. Dilindungi oleh tembaga/perak silinder dan berbalik lengan, yang memungkinkan pemain  mengendalikan  sejumlah besar jari lubang.
Alat musik ini acap kali disebut-sebut sebagai pendahulu clarinet/kalau alat musik tradisionalnya Indonesia suling bamboo. Hal yang menarik tentang alat ini adalah bahwa seseorang harus menempatkan dua ini dalam mulutnya pada saat yang sama, dan bermain keduanya secara bersamaan! Hal ini membuat aulos instrumen agak sulit untuk bermain.

Berikut gambar dr alat musik tiup pada jaman yunani ini :


3.KHITARA

            Alat musik ini sangat mirip dengan Lyra, karena menurut informasi yang say abaca alat ini adalah peranakan/perkembangan alat musik lyra. Berbentuk seperti huruf U juga dengan 7 – 12 senar. Alat ini juga akan menjadi cikal bakal terbuatnya Kecapi. Perbedaanya dengan alat musik Lyra sendiri, alat ini memiliki soundbox yang lebih besart dr lyra dan juga jum;lah senar yang berbeda.
            Konon katanya kata “gitar” juga berasal dr kata Kithara, karena kithara dimainkan dengan cara dipetik dan beberapa teknik-teknik gitar yang kita ketahui juga berasal dr kithara. Dan juga biasanya dimainkan dengan mengunakan selendang/ikatan yang dililitkan dibadan si pemusik, jadi dengan kata lain biasanya alat ini dimainkan dengan berdiri.

Berikut Alata musik Kithara :

1 Response to "Alat Musik Kuno"

  1. Unknown says:
    19 Januari 2015 pukul 01.01

    mas gambar nya kok susah keluar

Posting Komentar